nama kelompok:
1. Anisa Alwiyah Taha 20210872
2. Ardita Destiani 21210003
3. Siti Amanah 26210579
Kelas : 1EB02
I. PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Belakangan ini usaha franchise sudah mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Hal ini disebabkan banyaknya permintaan dari masyarakat yang ingin mereasakan produk dari luar negri tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.
I.2 Tujuan Penulisan
Makalah ini di tulis dengan maksud untuk mengetahui konsep dari usaha frachise serta keuntungan dan kerugian dalam memulai usaha franchise.
II. ISI
Konsep Franchise
Pengertian Franchise
“Franchise adalah suatu pola kemitraan usaha antara perusahaan yang memiliki merek dagang dikenal dan sistem manajemen, keuangan dan pemasaran yang telah mantap, disebut Franchisor, dengan perusahaan/individu yang memanfaatkan atau menggunakan merek dan sistem milik Franchisor, disebut Franchisee.
Franchisor wajib memberikan bantuan teknis, manajemen dan pemasaran kepada Franchisee dan sebagai imbal baliknya, Franchisee membayar sejumlah biaya (fees) kepada Franchisor. Hubungan kemitraan usaha antara kedua pihak dikukuhkan dalam suatu perjanjian Franchise.
Syarat – syarat Franchise
Persyaratan yang diperlukan untuk mendirikan franchise :
• Tempat Usaha (milik sendiri)
• Modal Usaha (sesuai luas lokasi)
• Manajer Operasional Harian
Keuntungan Mendirikan Franchise:
1. Keuntungannya sudah terbukti
2. Efektifitas sistemnya juga terbukti
3. Bergabung dengan sebuah jaringan bisnis yang besar
4. Pengenalan merek yang tinggi, dan
5. Dukungan operasional
Kelemahan Bisnis Franchise :
Kelemahan sistem ini adalah risiko bahwa pewaralaba akan mengalami kesulitan dalam mengelola karyawan pada saat jumlah gerai mencapai angka tertentu. Kelemahan lainnya adalah konsekuensi bila melakukan PHK yang ada di pundak pewaralaba, karena status kepegawaiannya adalah pegawai pewaralaba.
Elemen-elemen penting yang harus dimiliki untuk mendirikan franchise
1. Bisnis yg difranchisekan harus telah teruji sepenuhnya
2. Bisnis tsb harus berbeda dalam hal merek, nama, citra, sistem dan metode operasinya
3. Sistem dan metode bisnis harus mudah diajarkan, agar mudah digunakan nantinya
4. Perolehan finansial harus mampu membayar karyawan, membayar pinjaman-pinjamanya, membayar frenchisor atas jasa yg telah diberikan
Perbedaan Franchise dengan Tipe Bisnis Lain :
1. Keberadaan frinchisor anda.
2. Kewajiban untuk menggunakan nama & sistem franchisor, serta patuh pada pengendaliannya.
3. Resiko yang merusak bisnis tanpa anda berada disana.
4. Kemampuan franchisor untuk terus memberikan jasa yang dpt membuat bisnis berhasil.
Hak Franchisor
• Menerima setoran dari franchisee.
• Memeriksa pembukuan franchisee.
• Memeriksa usaha franchisee.
• Memutuskan hubungan kemitraan karena pelanggaran oleh franchisee.
• Membeli kembali franchise pada saat pemutusan hubungan kemitraan.
• Membeli kembali franchise pada saat dijual oleh franchisee.
Kewajiban Franchisor
• Membantu memilih lokasi usaha
• Membantu pengembangan usaha & memberi materi promosi.
• Menyediakan manual operasional usaha.
• Menyediakan program bimbingan pelatihan bagi franchisee.
• Menyediakan staf yang mensupervisi masa awal berdiri¬nya franchise.
• Memberikan hak penggunaan nama, cap dagang, rancangan dan logo kepada franchisee.
Hak Franchisee
• Memperoleh petunjuk dan bantuan.
• Menggunakan nama, dan sistem.
• Memperoleh persediaan produk.
• Menjual franchise kepada pembeli yang disetujui.
• Memutuskan hubungan jika perjanjian franchise dilanggar oleh franchisor.
Beberapa Penyebab Kegagalan Frenchisor
• Uji coba yang tidak memadai
• Penyeleksian Franchise secara sembrono
• Pembuatan struktur yang buruk
• Franchise kekurangan modal
• Franchisor menjalankan bisnisnya dengan buruk
Beberapa karakter penyebab kegagalan Franchise
1. Franchise yg puas dengan dirinya sendiri
2. Franchise yg penakut
3. Franchise yg tidak mengikuti sistem
4. Franchise yg berharap terlalu banyak
5. Franchise yg tdk memiliki bakat
6. Campur tangan dari orang lain yang bermain curang
Jenis Franchise:
BreadTalk
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
BreadTalk adalah jaringan toko roti populer asal Singapura yang juga mempunyai cabang di Asia Tenggara dan Timur Tengah.
Cabang BreadTalk di Causeway Point, Woodlands, Singapura
BreadTalk didirikan pada tahun 6 Maret 2003 oleh George Quek, seorang wirausahawan yang sebelumnya memulai jaringan food court yang sukses di Singapura, Food Junction. Konsepnya berbeda dibandingkan dengan toko-toko roti lainnya pada umumnya, dengan memperhatikan penampilan toko yang dirancang agar terlihat eksklusif serta memperlihatkan dapur pembuatan roti kepada para pengunjungnya melalui kaca transparan. Berkat strategi pemasaran pelanggan (consumer marketing) yang baik, saat pertama kali dibuka, toko-toko BreadTalk seringkali dipenuhi pengunjung yang rela antri untuk mencoba produknya.
Rotinya yang paling terkenal adalah roti yang dibubuhi abon di atasnya. Roti ini merupakan signature food BreadTalk dan kini banyak ditiru oleh berbagai toko-toko roti lainnya.
Di Australia, ada pula sebuah toko roti yang mempunyai nama, logo, serta konsep yang mirip, bernama BreadTop.
Baskin Robbins
Deskripsi merek
Hadir di Indonesia di tahun 1991, waralaba Baskin Robbins Ice Cream di bawah manajemen PT Naryadelta Prathana, tepatnya di Plaza Indonesia dan Blok M Plaza dengan 14 orang karyawan. Dengan misi menjadi "The Best Premium Ice Cream Player" di Indoneisa dengan berbasiskan nilai nilai integritas, people, connection, inovasi, performance, disiplin dan kualitas, waralaba Baskin Robbins Ice Cream menawarkan kerjasama dengan pihak publik dalam bentuk sub franchise di mana dalam hal penjualan maupun kegiatan rutinitas kerja terikat kepada PT Naryadelta Prarthana sebagai franchisor.
Hingga saat ini, Baskin RObbins Ice Cream telah hadir di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Medan, Pekanbaru dan Makassar dengan 58 outlet.
Informasi umum
Total investasi (nas) 313 921 500 IDR
Informasi pelengkap
Negara asal jaringan AS
Tanggal pendirian (nas/di seluruh dunia) 1917 /
Tanggal pendirian franchising (nas/di seluruh dunia) 1990 /
Negara asal informasi Indonesia
Jenis kontrak/perjanjian
Entry fee 213 864 836 IDR
Biaya royalty / 1.00 % /
Biaya advertising / 4.00 % /
Prioritas pengembangan Indonesia
Isi pelatihan
Pemasaran/distribusi
Organisasi/administrasi
Teknik penjualan
Pengenalan akan produk
Pembukuan/keuangan
Software komputer
Sumber daya manusia
Manajemen
Teknik
Quality control
Support manajemen
Cari Lokasi
Analisa Lokasi
Susunan perencanaan
Standard Operation Procedure (SOP)
Tinjauan pasar/Statistik nasional
Tinjauan pasar/Statistik lokal
Konsep pemasaran
Langkah pemasaran nasional
Prospektif
Intranet/Jaringan network
Organisasi/administrasi
Pembelian terpusat
Pembukuan
Monitoring/Perbandingan antar perusahaan
Penasihat SDM
Komite konsultan franchisee
Zone eksklusif
Sertifikat ISO
Bakmi GM
PT. Griya Miesejati adalah induk perusahaan restoran cepat saji Bakmi GM, yang merupakan ikon restoran bakmi di Jakarta. Restoran ini, yang dulunya bernama Bakmi Gajah Mada, pertama kali didirikan pada tahun 1959 dan kini sudah memiliki 21 outlet yang tersebar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri restoran, saat ini Bakmi GM melayani lebih dari 30.000 pelanggan per hari.
Ribuan pelanggan yang datang menikmati kelezatan menu Bakmi GM tiap harinya berasal dari beragam lapisan: tua, muda, pelajar, mahasiswa, bahkan juga para eksekutif muda. Untuk memuaskan keinginan dari beragam lapisan tersebut, Bakmi GM secara berkala melakukan promosi.
Menu-menu yang terdapat di Bakmi GM pun didisain khusus untuk memadukan rasa yang lezat , yang terbuat dari bahan baku pilihan, dengan harga yang ekonomis. Lebih dari 50 menu dapat menjadi pilihan pelanggan setiap harinya. Produk-produk baru pun diluncurkan secara berkala.
Dan untuk semakin memuaskan pelanggannya, kini Bakmi GM melayani paket ulang tahun anak-anak. Pesta ulang tahun anak Anda akan semakin meriah, jika Anda merayakannya di Bakmi GM. Tiga paket ulang tahun Bakmi GM bisa menjadi pilihan Anda dalam merayakan ulang tahun yang meriah dan menikmati menu lezat yang menyehatkan.
Restoran-restoran Bakmi GM dapat Anda temukan di berbagai lokasi, mulai dari lokasi perumahan, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan, dan didisain secara modern untuk menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan.
Enerjik dan berdedikasi merupakan dua sifat yang membangun kurang lebih 1200 orang staff yang tergabung dalam tim pelayanan Bakmi GM, karena memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap pelanggan adalah tujuan utama kami.
III. Kesimpulan
“Franchise adalah suatu pola kemitraan usaha antara perusahaan yang memiliki merek dagang dikenal dan sistem manajemen, keuangan dan pemasaran yang telah mantap, disebut Franchisor, dengan perusahaan/individu yang memanfaatkan atau menggunakan merek dan sistem milik Franchisor, disebut Franchisee.
DAFTAR PUSTAKA
Amir Karamoy - Konsultan Franchise/Waralaba
http://www.bengkelsehat.com/pages/info-franchise.php
http://www.wikipedia.co.id
http://www.breadtalk.com
http://www.baskinsrobbins.com
http://www.google.com/bakmigm
0 Comments:
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda