Blogger Template by Blogcrowds

.

Jogging



Selain gampang dan murah, jogging merupakan olahraga yang member efek baik bagi kesehatan bila dilakukan secara teratur. Efek yang kita rasakan setelah melakukan Jogging antar lain:
·         Bikin jantung jadi lebih kuat karena jogging meningkatkan kapasitas sirkulasi darah dan system pernapasan.
·         Mempercepat metabolism dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.
·         Meningkatkan kekuatan badan kita untuk beraktivitas sehari-hari dan mengarahkan kita pada kehidupan yang lebih aktif.
·          Mambakar lemak dan mengatasi kegemukan.
·         Kalau sering tidak nafsu makan, jogging akan meningkatkan nafsu makan yang sehat secara bertahap.
·         Memperkuat otot-otot kaki, pinggul dan punggung. Dengan bergerak secara teratur dijamin otot kita lebih elastic.
·         Jogging bisa bikin tidur lebih nyenyak.
·         Jogging membantu menghilangkan stress dan depresi.
Jogging sebenarnya bisa menimbulkan kesenangan tersendiri untuk fisik dan jiwa kita. Apabila dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar, kita pasti tidak akan merasa letih setelahnya. Justru akan muncul rasa nyaman di otot-otot, yang biasanya akan terasa lebih ringan, jogging bisa dilakukan kapan saja tetapi memang baiknya pagi hari. Pancaran sinar matahari dari pukul 07.00-09.00 masih bisa dikategorikan baik untuk kesehatan. Selain itu sesudah berolahraga kita cenderung lebih segar dan siap untuk menjalani aktivitas.  
Dianjurkan untuk melakukan pemanasan sebelum jogging selama 2 menit dan cooling down 3-4 menit setelahnya. Tidak hanya otot-otot di kaki, tapi juga seluruh tubuh.
Jogging bisa dilakuakn dengan banyak cara:
Ø  Jarak 6-20 km : lakukan jogging dengan kecepatan.
Ø  Panjang jarak 3-6 km : lakukan dalam kecepatan tinggi dan selingi dengan kecepatan sedang.
Ø  Jarak 3-4 km dengan keadaan curam : sesuaikan kecepatan dengan jalanan. Jangan berlari ketika jalan sedang menanjak atau menurun curam.
Ø  Jarak 4-8 km dengan keadaan perbukitan : Jogging dengan kecepatan stabil.

Kalau kita tipe orang yang jarang berolah raga, maka jogging adalah olahraga paling ideal buat kita lakukan. Jogging dapat meningkatkan kondisi kesehatan kita. Daya tahan tubuh kita juga akan semakin meningkat. Makanya baik kalau kita pelan-pelan membiasakan diri untuk jogging tiap pagi.
Jangan jogging dalam keadaan lapar. Tetapi juga tidak dianjurkanjuga untuk langsung jogging setelah makan besar. Biasakan makan roti dulu 2 jam sebelumnya. Kalau digabungkan dengan strength training, jogging bisa membuat otot-otot kita kencang secara menyeluruh dan berat badan terkontrol dalam jangka panjang.
Kalau tidak terbiasa, lebih baik konsultasi dulu dengan trainer di gym. Apalagi kalau kita punya masalah yang tidak sesuai dengan kegiatan jogging ini. Akan lebih aman kalau segala aktivitas olah raga dikonsultasikan dulu dengan dokter yang mengerti sejaraha kesehatan kita.


Sumber : Gogirl! Magazine 77/Jun 2011

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda