Blogger Template by Blogcrowds

.

Kota dengan polusi tertinggi di Asia


Ini dia kota yang terpilih sebagai most poulluted place on earth berdasarkan www.ouramazingplanet.com survey ini dikeluarkan paa april 2011 :
1.       Linfen, China
Kota yang teletak di Profinsi Shanxi ini merupakan pusat industry batu bara di China. Kota ini memiliki kualitas air yang sangat buruk. Udaranya pun  penuh dengan polusi pembakaran sehingga banyak warganya terkena penyakit batuk, bronchitis, pneumonia, dan kanker paru-paru. Warganya pun tidak ada yang mau menjemur cucian di luar rumah karena pakaian bisa berubah warna jadi hitam.
2.       Mailuu-Suu, Kyrgyztan
Kota ini terpilih sebagai kota terpolusi karena terdapat tambang uraniumnya. Di kota ini terdapat 23 tempat pembuangan limbah dan 13 pembuangan yang menyimpan sekitar 2 juta m3  yang membuat bahaya kota ini sering terjadi gempa sehingga limbah-limbah ini jatuh ke sungai dan membahayakan warga serta biota sungai.
3.      Sukinda, India
Kota ini merupakan kota penghasil bijih krom terbesar di dunia, sekitar 97% cadangan bijih krom ada di kota ini. Sayangnya kota ini tidak mempunyai perencanaan dalam pengelolaan lingkungan sehingga lebih dari 30 juta ton limbah batuan tersebar di sekitar tambang ini. Air bersih di kota ini pun tercemar oleh hexavalent chromium logam yang sangat berbahay bila terhirup atau tertelan. Para pekerja tambang yang terus menerus terkena debu dan air itu pun banyak yang menderita TBC dan asthma. Bahkan 87.4% kematian di kota ini berada di wilayah tambang.
4.      Sumqayit, Azerbaijan
Kota ini dulunya merupakan pusati indrusti di Uni Soviet. Tiap tahunnya ada lebih dari 40 pabrik yang mengeluarkan 70 ribu – 120 ribu ton emisi berbahaya. Banyak warganya yang terkena kanker, banyak pula bayi yang lahir premature atau cacat. Saat ini memang hanya terdapat 20% saja pabrik yang masih berjalan tapi tetap saja sulit untuk membersihkan kota dari pencemaran yang terjadi selama puluhan tahun.
5.      Tianying, China
Kot ini merupakan penghasil timbal terbesar. Tapi lagi-lagi karena kurang canggihnya teknologi dan ketidak pedulian terhadap lingkungan sehingga banyak kasus keracunan timbal yang terjadi di kota ini. Udara dan tanah di kota ini pun memiliki kandungan timbal yang cukup tinggi sehingga tanaman petani pun tercemar timbal.banyak anak-anak yang memiliki masalah pendengaran dan penglihatan , penurunan IQ dan kerusakan otak.

Itu dia kota-kota yang tercatat sebagai kota dengan polusi tertinggi. Mari kita lebih menjaga lingkungan kita agar bumi lebih nyaman untuk ditempati. 

Sumber: Gogirl Magazine November 2011

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda